Reynard T

01 Mei 2024 10:01

Iklan

Iklan

Reynard T

01 Mei 2024 10:01

Pertanyaan

Seorang petani bernama Sehun melakukan uji persilangan antar tanaman apel berbuah besar masam (BBmm) dengan apel berbuah kecil manis (bbMM). Sifat buah berukuran besar dominan terhadap ukuran kecil, sedangkan rasa manis dominan terhadap rasa asam. Kedua tanaman apel tersebut disilangkan hingga memperoleh F2. Kemudian F2 disilangkan dengan sesamanya. Jika petani tersebut memperoleh 32 tanaman apel, maka jumlah tanaman apel yang berbuah besar manis adalah..


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rendra W

03 Mei 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>Jumlah = banyak apel besar manis : total × 32</p>

Jumlah = banyak apel besar manis : total × 32

alt

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

03 Mei 2024 13:53

<p>Untuk menyelesaikan masalah ini, kita bisa menggunakan hukum pewarisan sifat menurut hukum Mendel dan membuat tabel Pewarisan Pewarisan Sifat. Berdasarkan informasi yang diberikan, kita tahu bahwa:</p><ul><li>Buah berukuran besar (BB) dominan terhadap buah berukuran kecil (bb).</li><li>Rasa manis (MM) dominan terhadap rasa asam (mm).</li></ul><p>Diberikan bahwa Sehun melakukan persilangan antara apel berbuah besar masam (BBmm) dengan apel berbuah kecil manis (bbMM), sehingga kita bisa menyusun silsilah berikut:</p><ul><li>Tanaman apel induk 1 (BBmm)</li><li>Tanaman apel induk 2 (bbMM)</li></ul><p>Silangkan kedua induk tersebut, kita akan mendapatkan F1 dengan genotipe BbMm.</p><p>Kemudian F1 disilangkan sendiri (self-cross), sehingga kita akan mendapatkan F2. Karena F1 memiliki genotipe yang sama (BbMm), maka kita akan mendapatkan variasi genotipe sebagai berikut dalam F2:</p><ul><li>BBMM (besar manis)</li><li>BbMM (besar manis)</li><li>BBMm (besar manis)</li><li>BbMm (besar manis)</li><li>BBmm (besar asam)</li><li>Bbmm (kecil asam)</li></ul><p>Jadi, dari 32 tanaman apel yang dihasilkan, jumlah tanaman apel yang berbuah besar manis (BBMM, BbMM, BBMm, BbMm) adalah 4 + 4 + 8 + 8 = 24.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Untuk menyelesaikan masalah ini, kita bisa menggunakan hukum pewarisan sifat menurut hukum Mendel dan membuat tabel Pewarisan Pewarisan Sifat. Berdasarkan informasi yang diberikan, kita tahu bahwa:

  • Buah berukuran besar (BB) dominan terhadap buah berukuran kecil (bb).
  • Rasa manis (MM) dominan terhadap rasa asam (mm).

Diberikan bahwa Sehun melakukan persilangan antara apel berbuah besar masam (BBmm) dengan apel berbuah kecil manis (bbMM), sehingga kita bisa menyusun silsilah berikut:

  • Tanaman apel induk 1 (BBmm)
  • Tanaman apel induk 2 (bbMM)

Silangkan kedua induk tersebut, kita akan mendapatkan F1 dengan genotipe BbMm.

Kemudian F1 disilangkan sendiri (self-cross), sehingga kita akan mendapatkan F2. Karena F1 memiliki genotipe yang sama (BbMm), maka kita akan mendapatkan variasi genotipe sebagai berikut dalam F2:

  • BBMM (besar manis)
  • BbMM (besar manis)
  • BBMm (besar manis)
  • BbMm (besar manis)
  • BBmm (besar asam)
  • Bbmm (kecil asam)

Jadi, dari 32 tanaman apel yang dihasilkan, jumlah tanaman apel yang berbuah besar manis (BBMM, BbMM, BBMm, BbMm) adalah 4 + 4 + 8 + 8 = 24.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rogu sedang melakukan perkembangbiakan tanaman dengan metode kultur jaringan. Metode ini memanfaatkan sifat totipotensi tumbuhan. Prinsip dari metode ini adalah menumbuhkan jaringan dari sel-sel hidup pada medium khusus secara in vitro. Jaringan yang dapat dipakai pada teknik ini misalnya jaringan muda pada pucuk tanaman. Jika Rogu diminta mengamati jaringan tersebut, hasil yang akan diperoleh oleh Rogu adalah .... A. selnya tersusun rapat serta memiliki inti sel dan vakuola yang berukuran besar B. selnya tidak tersusun rapat serta memiliki inti sel yang besar dan sitoplasma yang banyak C. tersusun atas sel yang mati dan tidak terdapat sitoplasma pada sel D. disusun atas sel hidup yang rapat dan vakuola yang berukuran kecil dan sitoplasmanya banyak

3

0.0

Jawaban terverifikasi