Helgina M

02 Mei 2024 05:35

Iklan

Iklan

Helgina M

02 Mei 2024 05:35

Pertanyaan

Peraturan rerundang undanang adalah peraturan tertulis yang di bentuk oleh???๐Ÿ™

Peraturan rerundang undanang adalah peraturan tertulis yang di bentuk oleh???๐Ÿ™


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Mei 2024 11:23

Jawaban terverifikasi

Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk dan ditetapkan oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang. Lembaga-lembaga yang memiliki kewenangan untuk membentuk peraturan perundang-undangan antara lain: 1. Badan legislatif (parlemen/kongres): - Badan legislatif, seperti DPR di Indonesia atau Kongres di Amerika Serikat, memiliki kewenangan untuk membuat undang-undang. - Undang-undang merupakan jenis peraturan perundang-undangan tertinggi yang mengikat secara umum. 2. Kepala negara/pemerintah: - Presiden, Perdana Menteri, atau kepala pemerintahan lainnya dapat membentuk peraturan pemerintah, peraturan presiden, atau peraturan sejenis lainnya. - Peraturan ini biasanya berfungsi untuk melaksanakan undang-undang yang telah dibuat oleh badan legislatif. 3. Kementerian/lembaga pemerintah: - Kementerian atau lembaga pemerintah lainnya dapat membentuk peraturan menteri atau peraturan lembaga. - Peraturan ini berfungsi untuk mengatur hal-hal teknis terkait dengan tugas dan fungsi kementerian/lembaga tersebut. Jadi, secara umum, peraturan perundang-undangan dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang memiliki kewenangan untuk itu, baik itu badan legislatif, kepala negara/pemerintah, maupun kementerian/lembaga pemerintah.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

03 Mei 2024 04:14

Jawaban terverifikasi

<p>Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh badan legislatif atau lembaga pemerintah yang memiliki wewenang untuk membuat undang-undang atau peraturan. Ini bisa berupa parlemen, dewan perwakilan rakyat, atau badan pemerintah yang ditunjuk untuk tujuan tersebut.</p>

Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh badan legislatif atau lembaga pemerintah yang memiliki wewenang untuk membuat undang-undang atau peraturan. Ini bisa berupa parlemen, dewan perwakilan rakyat, atau badan pemerintah yang ditunjuk untuk tujuan tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan benua

6

5.0

Jawaban terverifikasi