Naoura R

30 April 2024 01:01

Iklan

Iklan

Naoura R

30 April 2024 01:01

Pertanyaan

interaksi makhluk hidup dibedakan mejadi dua. Jelaskan

interaksi makhluk hidup dibedakan mejadi dua. Jelaskan


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 April 2024 04:38

Jawaban terverifikasi

<p>Interaksi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis utama: interaksi antarspesies dan interaksi intraspesies.</p><p><strong>Interaksi Antarspesies</strong>: Ini adalah interaksi yang terjadi antara individu atau populasi dari spesies yang berbeda. Beberapa jenis interaksi antarspesies meliputi:</p><ul><li>Predasi: Ketika satu spesies (predator) memangsa spesies lain (mangsa) untuk mendapatkan makanan.</li><li>Parasitisme: Ketika satu spesies (parasit) mengambil manfaat dari spesies lain (host) dengan merugikan host tersebut.</li><li>Mutualisme: Hubungan simbiosis di mana kedua spesies mendapatkan manfaat, seperti polinasi oleh serangga yang memperoleh makanan dari nektar bunga.</li><li>Komensalisme: Hubungan di mana satu spesies mendapatkan manfaat sedangkan spesies lain tidak dipengaruhi, seperti burung yang membuat sarang di pohon tanpa mempengaruhi pohon tersebut.</li></ul><p><strong>Interaksi Intraspesies</strong>: Ini adalah interaksi yang terjadi antara individu atau populasi dari spesies yang sama. Beberapa contoh interaksi intraspesies meliputi:</p><ul><li>Persaingan: Ketika individu dari spesies yang sama bersaing untuk sumber daya yang terbatas seperti makanan, ruang hidup, atau pasangan kawin.</li><li>Kolaborasi: Ketika individu dari spesies yang sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, seperti dalam pemeliharaan anak atau dalam berburu kelompok.</li><li>Hierarki Sosial: Ketika individu dalam kelompok memiliki peringkat atau posisi tertentu dalam struktur sosial, seperti dalam kawanan serigala atau kawanan singa.</li></ul>

Interaksi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis utama: interaksi antarspesies dan interaksi intraspesies.

Interaksi Antarspesies: Ini adalah interaksi yang terjadi antara individu atau populasi dari spesies yang berbeda. Beberapa jenis interaksi antarspesies meliputi:

  • Predasi: Ketika satu spesies (predator) memangsa spesies lain (mangsa) untuk mendapatkan makanan.
  • Parasitisme: Ketika satu spesies (parasit) mengambil manfaat dari spesies lain (host) dengan merugikan host tersebut.
  • Mutualisme: Hubungan simbiosis di mana kedua spesies mendapatkan manfaat, seperti polinasi oleh serangga yang memperoleh makanan dari nektar bunga.
  • Komensalisme: Hubungan di mana satu spesies mendapatkan manfaat sedangkan spesies lain tidak dipengaruhi, seperti burung yang membuat sarang di pohon tanpa mempengaruhi pohon tersebut.

Interaksi Intraspesies: Ini adalah interaksi yang terjadi antara individu atau populasi dari spesies yang sama. Beberapa contoh interaksi intraspesies meliputi:

  • Persaingan: Ketika individu dari spesies yang sama bersaing untuk sumber daya yang terbatas seperti makanan, ruang hidup, atau pasangan kawin.
  • Kolaborasi: Ketika individu dari spesies yang sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, seperti dalam pemeliharaan anak atau dalam berburu kelompok.
  • Hierarki Sosial: Ketika individu dalam kelompok memiliki peringkat atau posisi tertentu dalam struktur sosial, seperti dalam kawanan serigala atau kawanan singa.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

03 Mei 2024 14:15

Jawaban terverifikasi

<p>Interaksi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis utama: interaksi antarspesies dan interaksi dalam satu spesies.</p><p><strong>Interaksi Antarspesies</strong>:</p><ul><li>Interaksi antarspesies terjadi antara individu dari spesies yang berbeda.</li><li>Contoh interaksi antarspesies termasuk predasi, kompetisi, simbiosis, dan mutualisme.</li><li>Predasi adalah hubungan di mana satu organisme (predator) memangsa organisme lain (mangsa) untuk mendapatkan makanan.</li><li>Kompetisi terjadi ketika dua atau lebih spesies bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas seperti makanan, air, atau tempat tinggal.</li><li>Simbiosis adalah hubungan antara dua organisme yang hidup bersama, di mana setidaknya salah satu organisme mendapat manfaat dari interaksi tersebut.</li><li>Mutualisme adalah bentuk simbiosis di mana kedua organisme yang terlibat saling menguntungkan satu sama lain.</li></ul><p><strong>Interaksi Dalam Satu Spesies</strong>:</p><ul><li>Interaksi dalam satu spesies terjadi antara individu dari spesies yang sama.</li><li>Contoh interaksi dalam satu spesies termasuk kooperasi, agresi, dan kompetisi intra-spesifik.</li><li>Kooperasi adalah bentuk interaksi di mana individu dalam satu spesies bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, seperti dalam kelompok berburu atau pengasuhan anak.</li><li>Agresi adalah interaksi di mana individu dalam satu spesies bersaing untuk sumber daya atau dominasi.</li><li>Kompetisi intra-spesifik terjadi antara individu dari spesies yang sama untuk mendapatkan sumber daya seperti makanan, wilayah, atau pasangan kawin.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Interaksi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis utama: interaksi antarspesies dan interaksi dalam satu spesies.

Interaksi Antarspesies:

  • Interaksi antarspesies terjadi antara individu dari spesies yang berbeda.
  • Contoh interaksi antarspesies termasuk predasi, kompetisi, simbiosis, dan mutualisme.
  • Predasi adalah hubungan di mana satu organisme (predator) memangsa organisme lain (mangsa) untuk mendapatkan makanan.
  • Kompetisi terjadi ketika dua atau lebih spesies bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas seperti makanan, air, atau tempat tinggal.
  • Simbiosis adalah hubungan antara dua organisme yang hidup bersama, di mana setidaknya salah satu organisme mendapat manfaat dari interaksi tersebut.
  • Mutualisme adalah bentuk simbiosis di mana kedua organisme yang terlibat saling menguntungkan satu sama lain.

Interaksi Dalam Satu Spesies:

  • Interaksi dalam satu spesies terjadi antara individu dari spesies yang sama.
  • Contoh interaksi dalam satu spesies termasuk kooperasi, agresi, dan kompetisi intra-spesifik.
  • Kooperasi adalah bentuk interaksi di mana individu dalam satu spesies bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, seperti dalam kelompok berburu atau pengasuhan anak.
  • Agresi adalah interaksi di mana individu dalam satu spesies bersaing untuk sumber daya atau dominasi.
  • Kompetisi intra-spesifik terjadi antara individu dari spesies yang sama untuk mendapatkan sumber daya seperti makanan, wilayah, atau pasangan kawin.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ada berapa dan tolong jelaskan jenis-jenis teks berita

3

0.0

Jawaban terverifikasi