Syifa M

02 Mei 2024 23:19

Iklan

Iklan

Syifa M

02 Mei 2024 23:19

Pertanyaan

Cermin cekung akan membentuk bayangan di tak terhingga jika…


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

03 Mei 2024 00:28

Jawaban terverifikasi

<p>Cermin cekung akan membentuk bayangan tak terhingga jika<strong> objek yang diletakkan di depan cermin berada tepat pada</strong> <strong>titik fokus (f) cermin cekung.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Sifat Cermin Cekung:</strong></p><ul><li>Cermin cekung adalah cermin yang membengkok ke dalam.</li><li>Di dalam cermin cekung, ada titik khusus yang disebut titik fokus (f).</li></ul><p><strong>Titik Fokus:</strong></p><ul><li>Titik fokus adalah titik di mana sinar-sinar datang sejajar dengan sumbu utama cermin akan dipantulkan oleh cermin dan akan berpotongan di titik tersebut.</li><li>Untuk cermin cekung, titik fokus terletak di depan cermin, di sebelah kiri cermin untuk cermin cekung yang konveks atau di sebelah kanan cermin untuk cermin cekung yang konkav.</li></ul><p><strong>Objek pada Titik Fokus:</strong></p><ul><li>Ketika sebuah objek diletakkan tepat pada titik fokus cermin cekung, sinar-sinar yang datang dari objek tersebut akan dipantulkan oleh cermin secara paralel.</li><li>Sinar-sinar ini tidak akan divergen atau konvergen setelah dipantulkan oleh cermin, tetapi akan tetap sejajar.</li><li>Sinar-sinar tersebut akan terlihat seperti berasal dari titik yang jauh di belakang cermin, yang disebut sebagai "tak terhingga" karena jaraknya sangat jauh.</li><li>Sebagai akibatnya, bayangan objek tersebut akan tampak seperti terletak di tak terhingga di belakang cermin.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, cermin cekung akan membentuk bayangan tak terhingga ketika objek diletakkan tepat pada titik fokus cermin cekung. Sinar-sinar yang dipantulkan oleh cermin akan terlihat berasal dari tak terhingga, dan bayangan objek akan terlihat seperti terletak di sana.</p>

Cermin cekung akan membentuk bayangan tak terhingga jika objek yang diletakkan di depan cermin berada tepat pada titik fokus (f) cermin cekung.

 

Sifat Cermin Cekung:

  • Cermin cekung adalah cermin yang membengkok ke dalam.
  • Di dalam cermin cekung, ada titik khusus yang disebut titik fokus (f).

Titik Fokus:

  • Titik fokus adalah titik di mana sinar-sinar datang sejajar dengan sumbu utama cermin akan dipantulkan oleh cermin dan akan berpotongan di titik tersebut.
  • Untuk cermin cekung, titik fokus terletak di depan cermin, di sebelah kiri cermin untuk cermin cekung yang konveks atau di sebelah kanan cermin untuk cermin cekung yang konkav.

Objek pada Titik Fokus:

  • Ketika sebuah objek diletakkan tepat pada titik fokus cermin cekung, sinar-sinar yang datang dari objek tersebut akan dipantulkan oleh cermin secara paralel.
  • Sinar-sinar ini tidak akan divergen atau konvergen setelah dipantulkan oleh cermin, tetapi akan tetap sejajar.
  • Sinar-sinar tersebut akan terlihat seperti berasal dari titik yang jauh di belakang cermin, yang disebut sebagai "tak terhingga" karena jaraknya sangat jauh.
  • Sebagai akibatnya, bayangan objek tersebut akan tampak seperti terletak di tak terhingga di belakang cermin.

 

Jadi, cermin cekung akan membentuk bayangan tak terhingga ketika objek diletakkan tepat pada titik fokus cermin cekung. Sinar-sinar yang dipantulkan oleh cermin akan terlihat berasal dari tak terhingga, dan bayangan objek akan terlihat seperti terletak di sana.


Iklan

Iklan

Rara W

03 Mei 2024 00:41

Jawaban terverifikasi

<p>Cermin cekung akan membentuk bayangan di tak terhingga jika:</p><p>1. Objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung.</p><p>Ketika objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung, sinar-sinar cahaya yang dipantulkan oleh cermin cekung akan sejajar (pararel). Hal ini menyebabkan bayangan yang terbentuk akan berada pada titik fokus (focus) cermin cekung.</p><p>Sifat-sifat bayangan yang terbentuk adalah:<br>- Bayangan bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil.<br>- Bayangan terbentuk pada titik fokus cermin cekung.<br>- Jarak bayangan ke cermin adalah sama dengan jarak fokus cermin.</p><p>Contoh aplikasi cermin cekung yang membentuk bayangan di tak terhingga adalah:<br>- Teleskop reflector<br>- Reflektor lampu sorot<br>- Cermin pada kamera</p><p>Jadi, syarat agar cermin cekung membentuk bayangan di tak terhingga adalah ketika objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung.</p>

Cermin cekung akan membentuk bayangan di tak terhingga jika:

1. Objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung.

Ketika objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung, sinar-sinar cahaya yang dipantulkan oleh cermin cekung akan sejajar (pararel). Hal ini menyebabkan bayangan yang terbentuk akan berada pada titik fokus (focus) cermin cekung.

Sifat-sifat bayangan yang terbentuk adalah:
- Bayangan bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil.
- Bayangan terbentuk pada titik fokus cermin cekung.
- Jarak bayangan ke cermin adalah sama dengan jarak fokus cermin.

Contoh aplikasi cermin cekung yang membentuk bayangan di tak terhingga adalah:
- Teleskop reflector
- Reflektor lampu sorot
- Cermin pada kamera

Jadi, syarat agar cermin cekung membentuk bayangan di tak terhingga adalah ketika objek berada pada jarak tak terhingga dari cermin cekung.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dion adalah siswa yang rajin dan pintar. Dia memiliki cita-cita menjadi orang sukses. Setiap hari Dion harus membantu orang tuanya bekerja sepulang sekolah. Dion memiliki cita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika menggantungkan kepada orang tuanya yang tidak mungkin mampu membiayai kuliah, Dion tak mungkin bisa mewujudkan cita-citanya, dengan doa dan kerja kerasnya akhirnya Dion bisa diterima di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan beasiswa. Tulislah hal yang dapat dijadikan pelajaran dari kutipan teks inspiratif ini!

14

5.0

Jawaban terverifikasi