Zaskya W

01 Mei 2024 11:35

Iklan

Iklan

Zaskya W

01 Mei 2024 11:35

Pertanyaan

Berikan 3 contoh perwujudan nilai-nilai semangat kebangkitan nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di masa pandemi Covid-19 saat ini!

Berikan 3 contoh perwujudan nilai-nilai semangat kebangkitan nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di masa pandemi Covid-19 saat ini!


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salman A

01 Mei 2024 12:33

Jawaban terverifikasi

1. Semua warga saling tolong menolong membatu pasien yang terkena penyakit. 2. Masayarakat yang memiliki kelebihan ekonomi membantu masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pokok. 3. Membuka lowongan kerja bagi semua masyarakat yang terdampak PHK karena pandemi. Pembahasan: Bhinneka Tunggal Ika adalah salah satu semboyan nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan negaranya. Contoh Kebangkitan Nasional: • Bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) • Mengutamakan sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat • Bangga dan senantiasa menggunakan produk-produk dalam negeri • Menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai Pancasila • Berkontribusi dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

03 Mei 2024 07:02

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah tiga contoh perwujudan nilai-nilai semangat kebangkitan nasional dalam bingkai <strong>Bhinneka Tunggal Ika</strong> di masa pandemi COVID-19 saat ini:</p><p><strong>Rela Berkorban</strong>: Semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk rela berkorban demi kepentingan bersama. Di tengah pandemi, banyak individu dan kelompok yang berjuang dengan mengorbankan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk membantu sesama. Contohnya, para tenaga medis yang bekerja tanpa henti untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19.</p><p><strong>Persatuan</strong>: Nilai persatuan sangat relevan di masa pandemi. Meskipun kita memiliki perbedaan suku, agama, ras, dan budaya, semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk tetap bersatu. Kita melihat banyak inisiatif kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk mengatasi pandemi. Misalnya, kampanye vaksinasi massal yang melibatkan berbagai pihak.</p><p><strong>Saling Menghargai</strong>: Bhinneka Tunggal Ika mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan. Di masa pandemi, kita perlu saling menghargai keberagaman pendapat dan tindakan. Contohnya, menghormati protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan demi melindungi diri sendiri dan orang lain.</p><p>Semangat kebangkitan nasional dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi landasan untuk menjaga kerukunan sosial di Indonesia, terutama di tengah tantangan pandemi ini.</p>

Berikut adalah tiga contoh perwujudan nilai-nilai semangat kebangkitan nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di masa pandemi COVID-19 saat ini:

Rela Berkorban: Semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk rela berkorban demi kepentingan bersama. Di tengah pandemi, banyak individu dan kelompok yang berjuang dengan mengorbankan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk membantu sesama. Contohnya, para tenaga medis yang bekerja tanpa henti untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19.

Persatuan: Nilai persatuan sangat relevan di masa pandemi. Meskipun kita memiliki perbedaan suku, agama, ras, dan budaya, semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk tetap bersatu. Kita melihat banyak inisiatif kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk mengatasi pandemi. Misalnya, kampanye vaksinasi massal yang melibatkan berbagai pihak.

Saling Menghargai: Bhinneka Tunggal Ika mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan. Di masa pandemi, kita perlu saling menghargai keberagaman pendapat dan tindakan. Contohnya, menghormati protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan demi melindungi diri sendiri dan orang lain.

Semangat kebangkitan nasional dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi landasan untuk menjaga kerukunan sosial di Indonesia, terutama di tengah tantangan pandemi ini.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan penyataan berikut ini! (1) Indonesia adalah negara yang menganut beberapa agama bukan hanya satu, agama (2) Nilai sosial dalam masyarakat Indonesia terus dikembangkan agar maju, dan modern. (3) Setiap warga negara Indonesia bebas memilih budaya dengan persepsinya sendiri. (4) Perkembangan, IPTEK malampaui batas-batas nilai budaya bangsa Indonesia. (5). Nilai Pancasila tidak mengekang warga negara tetapi menyatukan perbedaan yang ada Penyataan berikut ini yang merupakan nilai-nilai pancasila sesuai dengan perkembangan zaman ditunjukkan pada nomor..... A (1), (2), dan (5) B (2), (3), dan (4) C. (3), (4), dan (5) D. (4), (1), dan (5)

17

0.0

Jawaban terverifikasi