Izqi D

04 Mei 2024 02:10

Iklan

Iklan

Izqi D

04 Mei 2024 02:10

Pertanyaan

Bacalah kalimat berikut dengan cermat! (1) Perusahaan Vespa didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada 1884. (2) Pendirian perusahaan itu bermula dari memproduksi gerbong, lalu beralih ke pesawat beberapa tahun kemudian. (3) Pada 1917, perusahaan memperluas pabriknya di Bisa dan mengakuisisi pabrik lain di Pontedera pada pesawat 1921 yang memproduksi mesin pengebom. (4) Pabrik vespa pun menjadi sasaran strategi selama Perang Dunia II dan sempat dihancurkan pada 31 Agustus 1943. (5) Pascaperang, putar Rinaldo yang bernama Enrico Piaggop mendirikan perusahaan Piaggio baru di Florence pada Apris 1946 dengan bantuan para pasukan sekutu. (6) Enrico memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan pototip bernama MP5 atau Paperino. (7) Hal ini dilakukan karena ia melihat adanya kebutuhan massa akan kendaraan kecil dan terjangkau yang bisa digunakan di jalan-jalan Italia yang rusak. pertanyaannya : Teman saya seperti tersihir oleh bujuk rayu sang penipu. Manakah kalimat di dalam teks yang sepola dengan kalimat tersebut setelah diubah menjadi kalimat aktif ? a) kalimat 1 b) kalimat 2 c) kalimat 3 d) kalimat 5 e) kalimat 7 mohon bantuannya kakak dan abang, saya membutuhkan segera jawabannya dan penjelasannya , terimakasih

Bacalah kalimat berikut dengan cermat! (1) Perusahaan Vespa didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada 1884. (2) Pendirian perusahaan itu bermula dari memproduksi gerbong, lalu beralih ke pesawat beberapa tahun kemudian. (3) Pada 1917, perusahaan memperluas pabriknya di Bisa dan mengakuisisi pabrik lain di Pontedera pada pesawat 1921 yang memproduksi mesin pengebom. (4) Pabrik vespa pun menjadi sasaran strategi selama Perang Dunia II dan sempat dihancurkan pada 31 Agustus 1943. (5) Pascaperang, putar Rinaldo yang bernama Enrico Piaggop mendirikan perusahaan Piaggio baru di Florence pada Apris 1946 dengan bantuan para pasukan sekutu. (6) Enrico memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan pototip bernama MP5 atau Paperino. (7) Hal ini dilakukan karena ia melihat adanya kebutuhan massa akan kendaraan kecil dan terjangkau yang bisa digunakan di jalan-jalan Italia yang rusak.

pertanyaannya :

Teman saya seperti tersihir oleh bujuk rayu sang penipu.

Manakah kalimat di dalam teks yang sepola dengan kalimat tersebut setelah diubah menjadi kalimat aktif ?

a) kalimat 1

b) kalimat 2

c) kalimat 3

d) kalimat 5

e) kalimat 7

mohon bantuannya kakak dan abang, saya membutuhkan segera jawabannya dan penjelasannya , terimakasih

alt

10

1


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:38

<p><br>Kalimat yang setara dengan kalimat yang diberikan setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6.</p><p>Jadi, jawabannya adalah:</p><p>d) kalimat 5</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat yang diberikan untuk dibandingkan adalah:</p><p>"Teman saya seperti tersihir oleh bujuk rayu sang penipu."</p><p>Kalimat ini memiliki subjek yang tidak jelas, yaitu "teman saya", dan objek "sang penipu". Dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan terhadap objek.</p><p>Dari teks yang diberikan, kalimat yang setara dengan kalimat di atas setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6:</p><p>"Enrico memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan pototip bernama MP5 atau Paperino."</p><p>Setelah diubah menjadi kalimat aktif, kalimat tersebut menjadi:</p><p>"Enrico Piaggio memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan prototipe bernama MP5 atau Paperino."</p><p>Dalam kalimat aktif, subjek ("Enrico Piaggio") melakukan tindakan ("memerintahkan") terhadap objek ("para insinyur Piaggio").</p><p>Jadi, kalimat yang setara dengan kalimat yang diberikan setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6, bukan kalimat 5 seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Terima kasih atas pemahamannya.</p>


Kalimat yang setara dengan kalimat yang diberikan setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6.

Jadi, jawabannya adalah:

d) kalimat 5

 

Kalimat yang diberikan untuk dibandingkan adalah:

"Teman saya seperti tersihir oleh bujuk rayu sang penipu."

Kalimat ini memiliki subjek yang tidak jelas, yaitu "teman saya", dan objek "sang penipu". Dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan terhadap objek.

Dari teks yang diberikan, kalimat yang setara dengan kalimat di atas setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6:

"Enrico memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan pototip bernama MP5 atau Paperino."

Setelah diubah menjadi kalimat aktif, kalimat tersebut menjadi:

"Enrico Piaggio memerintahkan para insinyur Piaggio untuk merancang skuter dan menciptakan prototipe bernama MP5 atau Paperino."

Dalam kalimat aktif, subjek ("Enrico Piaggio") melakukan tindakan ("memerintahkan") terhadap objek ("para insinyur Piaggio").

Jadi, kalimat yang setara dengan kalimat yang diberikan setelah diubah menjadi kalimat aktif adalah kalimat 6, bukan kalimat 5 seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Terima kasih atas pemahamannya.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu. Adapun dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika. Ide pokok pada bacaan tersebut adalah a. menceritakan keluarga Bung Karno b. presiden pertama RI yang kerap dipanggil Bung Karno lahir di Blitar dan meninggal di Jakarta. C. semasa hidupnya mempunyai tiga istri dan delapan anak d. ia memiliki istri yang berasal dari Jepang yakni, Naoko Nemoto e. ia merupakan keturunan ningrat

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja, Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang, hal tersebut pasti membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja. Gadget banyak dipergunakan oleh remaja zaman sekarang, Gadget dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, gadget banyak membawa dampak negatif terhadap remaja dan lingkungannya, jika remaja mempergunakan gadget secara berlebihan. selain itu, gadget cenderung digunakan remaja untuk membuat situs-situs terlarang dan game. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, gadget memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakan gadget. Jika dilihat dari usia, seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan gadget dapat menghubungkan remaja dengan hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui. Terlebih lagi pada usia ini remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan luar. Argumen yang telah disajikan mungkin benar. Akan tetapi, alasan yang disajikan tentu dapat terbantahkan. Banyak sisi positif yang didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Alasannya yaitu, remaja lebih mudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah, jika mereka tidak mendapat informasi dari buku pelajaran mereka. Hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka. Selain itu, remaja juga lebih mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak dan juga remaja lebih mudah untuk berhubungan dengan sanak saudara yang jauh. Dampak positif lainya, melalui canggihnya gadget remaja dapat mengetahui perkembangan IPTEK. Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung penggunaan gadget di lingkungan remaja. Tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja itu sendiri gadget lebih berdampak negatif. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget sangat banyak membawa dampak negatif pada kehidupan remaja tersebut. 1. tulislah 2 kalimat aktif dan ubahlah kalimat pasif berdasarkan teks diatas! (S p o k)

1

0.0

Jawaban terverifikasi