VAMPIRE V

05 Mei 2024 10:44

Iklan

Iklan

VAMPIRE V

05 Mei 2024 10:44

Pertanyaan

apa gejala awal penderita kanker

apa gejala awal penderita kanker


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Mei 2024 11:20

Jawaban terverifikasi

Gejala yang timbul juga bervariasi, tergantung pada jenis kanker dan organ tubuh yang terserang kanker. Beberapa keluhan yang sering dialami penderita kanker adalah: Muncul benjolan (contoh: di ketiak) Nyeri di salah satu bagian tubuh Pucat, lemas, dan cepat lelah Perubahan pada kulit Berat badan turun secara drastis Batuk kronis Memar dan perdarahan secara spontan Demam yang terus berulang


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:32

Jawaban terverifikasi

<p>Gejala awal kanker bisa bervariasi tergantung pada jenis kankernya dan di mana kanker tersebut berkembang. Namun, beberapa gejala umum yang dapat menjadi peringatan awal untuk mencari pemeriksaan medis termasuk:</p><p><strong>Perubahan pada tubuh:</strong> Seperti pembengkakan yang tidak normal, perubahan bentuk atau ukuran kelenjar atau benjolan, terutama yang teraba di bawah lapisan kulit.</p><p><strong>Perubahan dalam fungsi normal:</strong> Misalnya, perubahan pada pola buang air besar atau buang air kecil, perdarahan tidak normal, atau sulit menelan.</p><p><strong>Nyeri:</strong> Nyeri yang terus-menerus atau berkepanjangan yang tidak bisa dijelaskan dengan alasan tertentu atau yang tidak mereda dengan pengobatan biasa.</p><p><strong>Penurunan berat badan yang tidak disengaja:</strong> Penurunan berat badan yang signifikan tanpa melakukan diet atau perubahan gaya hidup yang disengaja.</p><p><strong>Kelelahan yang berlebihan:</strong> Kelelahan yang tidak wajar atau yang terus berlanjut meskipun istirahat yang cukup.</p><p><strong>Masalah pernapasan:</strong> Kesulitan bernapas, batuk yang tidak sembuh-sembuh, atau mengi (wheezing) yang tidak biasa.</p><p><strong>Masalah pencernaan:</strong> Seperti kesulitan menelan, rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut, atau perubahan pola buang air besar.</p><p><strong>Gejala neurologis:</strong> Seperti sakit kepala yang tidak biasa, perubahan pada penglihatan atau pendengaran, atau kesemutan atau lemah pada tubuh.</p><p><strong>Demam yang tidak berhubungan dengan infeksi:</strong> Demam yang tidak disebabkan oleh infeksi yang diketahui dan tidak hilang dalam waktu yang wajar.</p>

Gejala awal kanker bisa bervariasi tergantung pada jenis kankernya dan di mana kanker tersebut berkembang. Namun, beberapa gejala umum yang dapat menjadi peringatan awal untuk mencari pemeriksaan medis termasuk:

Perubahan pada tubuh: Seperti pembengkakan yang tidak normal, perubahan bentuk atau ukuran kelenjar atau benjolan, terutama yang teraba di bawah lapisan kulit.

Perubahan dalam fungsi normal: Misalnya, perubahan pada pola buang air besar atau buang air kecil, perdarahan tidak normal, atau sulit menelan.

Nyeri: Nyeri yang terus-menerus atau berkepanjangan yang tidak bisa dijelaskan dengan alasan tertentu atau yang tidak mereda dengan pengobatan biasa.

Penurunan berat badan yang tidak disengaja: Penurunan berat badan yang signifikan tanpa melakukan diet atau perubahan gaya hidup yang disengaja.

Kelelahan yang berlebihan: Kelelahan yang tidak wajar atau yang terus berlanjut meskipun istirahat yang cukup.

Masalah pernapasan: Kesulitan bernapas, batuk yang tidak sembuh-sembuh, atau mengi (wheezing) yang tidak biasa.

Masalah pencernaan: Seperti kesulitan menelan, rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut, atau perubahan pola buang air besar.

Gejala neurologis: Seperti sakit kepala yang tidak biasa, perubahan pada penglihatan atau pendengaran, atau kesemutan atau lemah pada tubuh.

Demam yang tidak berhubungan dengan infeksi: Demam yang tidak disebabkan oleh infeksi yang diketahui dan tidak hilang dalam waktu yang wajar.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan benua

6

5.0

Jawaban terverifikasi