Nama S

05 Mei 2024 04:23

Iklan

Iklan

Nama S

05 Mei 2024 04:23

Pertanyaan

2.Sebutkan 4 Prinsip OOP apa saja?

2.Sebutkan 4 Prinsip OOP apa saja?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:43

Jawaban terverifikasi

<p><br>Terdapat empat prinsip dasar dalam Pemrograman Berorientasi Objek (OOP), yang juga dikenal sebagai Empat Pilar OOP. Mereka adalah:</p><p><strong>Abstraksi:</strong> Abstraksi melibatkan proses pemodelan dunia nyata ke dalam representasi yang lebih sederhana di dalam program komputer. Dalam OOP, ini sering dilakukan melalui pembuatan kelas dan objek yang mewakili entitas, atribut, dan perilaku yang relevan dalam domain masalah yang dibahas.</p><p><strong>Pewarisan (Inheritance):</strong> Pewarisan adalah konsep di mana sebuah kelas dapat mewarisi atribut dan metode dari kelas lain yang disebut kelas induk atau superclass. Kelas yang mewarisi sifat-sifat ini disebut kelas anak atau subclass. Pewarisan memungkinkan untuk pembuatan hierarki kelas, memungkinkan untuk penggunaan kembali kode dan memfasilitasi pemeliharaan.</p><p><strong>Polimorfisme:</strong> Polimorfisme memungkinkan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk atau perilaku. Ini bisa terjadi melalui penggunaan metode yang sama dengan perilaku yang berbeda di berbagai kelas atau melalui penggunaan metode yang sama dengan argumen yang berbeda. Polimorfisme memungkinkan fleksibilitas dalam desain dan implementasi, serta meningkatkan keterbacaan dan pemeliharaan kode.</p><p><strong>Enkapsulasi:</strong> Enkapsulasi melibatkan pembungkusan data bersama dengan metode yang beroperasi pada data tersebut ke dalam satu unit yang disebut kelas. Dengan enkapsulasi, data internal kelas tidak dapat diakses secara langsung dari luar kelas, kecuali melalui metode yang didefinisikan di dalam kelas tersebut. Ini membantu dalam mencegah manipulasi yang tidak sah dan memastikan keamanan dan konsistensi data.</p>


Terdapat empat prinsip dasar dalam Pemrograman Berorientasi Objek (OOP), yang juga dikenal sebagai Empat Pilar OOP. Mereka adalah:

Abstraksi: Abstraksi melibatkan proses pemodelan dunia nyata ke dalam representasi yang lebih sederhana di dalam program komputer. Dalam OOP, ini sering dilakukan melalui pembuatan kelas dan objek yang mewakili entitas, atribut, dan perilaku yang relevan dalam domain masalah yang dibahas.

Pewarisan (Inheritance): Pewarisan adalah konsep di mana sebuah kelas dapat mewarisi atribut dan metode dari kelas lain yang disebut kelas induk atau superclass. Kelas yang mewarisi sifat-sifat ini disebut kelas anak atau subclass. Pewarisan memungkinkan untuk pembuatan hierarki kelas, memungkinkan untuk penggunaan kembali kode dan memfasilitasi pemeliharaan.

Polimorfisme: Polimorfisme memungkinkan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk atau perilaku. Ini bisa terjadi melalui penggunaan metode yang sama dengan perilaku yang berbeda di berbagai kelas atau melalui penggunaan metode yang sama dengan argumen yang berbeda. Polimorfisme memungkinkan fleksibilitas dalam desain dan implementasi, serta meningkatkan keterbacaan dan pemeliharaan kode.

Enkapsulasi: Enkapsulasi melibatkan pembungkusan data bersama dengan metode yang beroperasi pada data tersebut ke dalam satu unit yang disebut kelas. Dengan enkapsulasi, data internal kelas tidak dapat diakses secara langsung dari luar kelas, kecuali melalui metode yang didefinisikan di dalam kelas tersebut. Ini membantu dalam mencegah manipulasi yang tidak sah dan memastikan keamanan dan konsistensi data.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

derajat polinomial P(x) hasil dan sisa dari : P(x) = x⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠ 4 -4x³+3x²-7x+2 dibagi dengan x²-3x+1. gunakan metode horner dan pembagian bersusun

17

5.0

Jawaban terverifikasi