MICHELLE C

01 Mei 2024 16:10

Iklan

Iklan

MICHELLE C

01 Mei 2024 16:10

Pertanyaan

1. Adanya penjual n pembeli 2. Brg yg perdagangkan hrs dpt dilihat kasat mata 3. Trjd kesepakatan hrg antara penjual n pembeli 4. Wujud pasar hrs nyata 5. Brg jasa yg diperjualbelikan tersedia. Dar pernyataan diatas yg merupakan syarat pasar adalah.. a. 1 2 3 b. 1 3 5 c. 2 3 4 d. 3 4 5

1. Adanya penjual n pembeli 2. Brg yg perdagangkan hrs dpt dilihat kasat mata 3. Trjd kesepakatan hrg antara penjual n pembeli 4. Wujud pasar hrs nyata 5. Brg jasa yg diperjualbelikan tersedia. Dar pernyataan diatas yg merupakan syarat pasar adalah.. a. 1 2 3   b. 1 3 5   c. 2 3 4   d. 3 4 5

alt

11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

MRIZKIHAIRULAKIL M

02 Mei 2024 09:38

Jawaban terverifikasi

<p>Hai, Mari kita jawab sama-sama!</p><p>๐ŸŒผJawaban yang benar ada di poin nomor<strong> 1-3-5 (B)๐ŸŒผ</strong></p><p><strong>_______________SYARAT PASAR ๐Ÿ’ฐ๐Ÿ›๏ธ_________________</strong></p><p>&nbsp; &nbsp;Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar <strong>suatu pasar dapat berfungsi dengan baik</strong>:</p><p><strong>1.</strong> <i><strong>Adanya pembeli dan penjual</strong></i>. ๐Ÿซ‚Pasar membutuhkan pihak yang ingin membeli dan menjual barang/jasa.</p><p>&nbsp; <sub>Contohnya : kalau tidak ada penjual bagaimana ada pembeli?</sub></p><p>&nbsp; &nbsp;&nbsp;<sub>Misal, </sub><strong><sub>Penjual boba</sub></strong><sub> ๐Ÿง‹ membutuhkan </sub><strong><sub>Pembeli yang suka boba ๐Ÿ™‹๐Ÿป๐Ÿง‹</sub></strong><sub>(aku mau beli boba, soalnya aku suka^^).</sub></p><p><strong>2. Adanya barang/jasa yang diperjualbelikan</strong>. ๐Ÿ›๏ธ๐Ÿง‹Pasar membutuhkan komoditas atau produk yang akan diperdagangkan.</p><p><sub>Contohnya: kalau gak ada boba๐Ÿง‹, apa yang mau dibeli?</sub></p><p><sub>No ...๐Ÿ˜ž </sub><strong><sub>Pelanggan</sub></strong><sub> pun akan mencari dimanakah dia </sub><strong><sub>bisa membelinya</sub></strong><sub> </sub><i><sub>(boba itu),</sub></i><sub> karena dia sangat </sub><strong><sub><u>sedih</u></sub></strong><sub> kalo </sub><strong><sub>gak ada barang/jasa</sub></strong><sub> </sub><i><sub>(boba itu).</sub></i></p><p><strong>3. Adanya mekanisme penentuan harga</strong>. ๐Ÿ’ฑHarga barang/jasa di pasar harus terbentuk melalui mekanisme permintaan dan penawaran.</p><p><sub>&nbsp;Contohnya : Kamu ingin membeli boba itu ๐Ÿง‹, kamu harus tau harganya berapa dari penjualnya.</sub></p><p><sub>Misalnya, Harga Boba ๐Ÿง‹ itu harganya 16k, nah..kamu harus bayar sesuai dengan harganya (oleh Penjual)๐Ÿ’ต</sub></p><p><strong>4. Adanya informasi yang memadai</strong>. ๐Ÿชธ๐Ÿคณ๐ŸปPembeli dan penjual harus memiliki informasi yang cukup mengenai barang/jasa, harga, dan kondisi pasar.</p><p><strong>5. Adanya persaingan yang sehat.๐Ÿ’†๐Ÿป๐Ÿฉบ</strong> Pasar harus memiliki struktur yang kompetitif agar terjadi persaingan yang wajar antara penjual.</p><p><strong>6. Adanya kebebasan dalam bertransaksi. ๐Ÿ•ถ๏ธ๐Ÿ“</strong>Pembeli dan penjual harus memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi tanpa ada paksaan atau hambatan.</p><p><strong>7. Adanya infrastruktur pendukung.โ›“๏ธ๐Ÿ—„๏ธ </strong>Pasar membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai seperti transportasi, komunikasi, dan lembaga keuangan.</p><p>Dengan terpenuhinya syarat-syarat tersebut, maka pasar dapat berfungsi dengan baik sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi.</p><p>CMIWW, TheRiko....</p>

Hai, Mari kita jawab sama-sama!

๐ŸŒผJawaban yang benar ada di poin nomor 1-3-5 (B)๐ŸŒผ

_______________SYARAT PASAR ๐Ÿ’ฐ๐Ÿ›๏ธ_________________

   Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar suatu pasar dapat berfungsi dengan baik:

1. Adanya pembeli dan penjual. ๐Ÿซ‚Pasar membutuhkan pihak yang ingin membeli dan menjual barang/jasa.

  Contohnya : kalau tidak ada penjual bagaimana ada pembeli?

    Misal, Penjual boba ๐Ÿง‹ membutuhkan Pembeli yang suka boba ๐Ÿ™‹๐Ÿป๐Ÿง‹(aku mau beli boba, soalnya aku suka^^).

2. Adanya barang/jasa yang diperjualbelikan. ๐Ÿ›๏ธ๐Ÿง‹Pasar membutuhkan komoditas atau produk yang akan diperdagangkan.

Contohnya: kalau gak ada boba๐Ÿง‹, apa yang mau dibeli?

No ...๐Ÿ˜ž Pelanggan pun akan mencari dimanakah dia bisa membelinya (boba itu), karena dia sangat sedih kalo gak ada barang/jasa (boba itu).

3. Adanya mekanisme penentuan harga. ๐Ÿ’ฑHarga barang/jasa di pasar harus terbentuk melalui mekanisme permintaan dan penawaran.

 Contohnya : Kamu ingin membeli boba itu ๐Ÿง‹, kamu harus tau harganya berapa dari penjualnya.

Misalnya, Harga Boba ๐Ÿง‹ itu harganya 16k, nah..kamu harus bayar sesuai dengan harganya (oleh Penjual)๐Ÿ’ต

4. Adanya informasi yang memadai. ๐Ÿชธ๐Ÿคณ๐ŸปPembeli dan penjual harus memiliki informasi yang cukup mengenai barang/jasa, harga, dan kondisi pasar.

5. Adanya persaingan yang sehat.๐Ÿ’†๐Ÿป๐Ÿฉบ Pasar harus memiliki struktur yang kompetitif agar terjadi persaingan yang wajar antara penjual.

6. Adanya kebebasan dalam bertransaksi. ๐Ÿ•ถ๏ธ๐Ÿ“Pembeli dan penjual harus memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi tanpa ada paksaan atau hambatan.

7. Adanya infrastruktur pendukung.โ›“๏ธ๐Ÿ—„๏ธ Pasar membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai seperti transportasi, komunikasi, dan lembaga keuangan.

Dengan terpenuhinya syarat-syarat tersebut, maka pasar dapat berfungsi dengan baik sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi.

CMIWW, TheRiko....


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Mei 2024 02:17

Jawaban terverifikasi

1. Adanya penjual dan pembeli - Ini merupakan syarat dasar dari pasar. Tanpa adanya penjual dan pembeli, tidak akan ada transaksi jual beli yang terjadi. - Penjual adalah pihak yang menawarkan barang atau jasa untuk dijual, sedangkan pembeli adalah pihak yang membutuhkan dan bersedia membeli barang atau jasa tersebut. 2. Barang yang diperdagangkan harus dapat dilihat dan dirasakan oleh konsumen - Ini adalah syarat yang baik, namun tidak mutlak harus dipenuhi. - Terdapat beberapa jenis barang atau jasa yang tidak dapat dilihat atau dirasakan secara langsung, seperti asuransi, namun tetap dapat diperdagangkan di pasar. 3. Terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli - Kesepakatan harga merupakan inti dari transaksi jual beli di pasar. - Tanpa adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli, maka transaksi tidak akan terjadi. 4. Wujud pasar harus nyata - Meskipun ini adalah syarat yang baik, namun dengan perkembangan teknologi, banyak pasar yang beroperasi secara virtual atau online. - Oleh karena itu, wujud pasar tidak harus selalu dalam bentuk fisik yang nyata. 5. Barang atau jasa yang diperjualbelikan harus tersedia - Ini merupakan syarat yang penting. Jika barang atau jasa yang diperjualbelikan tidak tersedia, maka transaksi tidak akan terjadi. - Ketersediaan barang atau jasa adalah hal yang mutlak diperlukan dalam pasar. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa syarat-syarat pasar yang sesuai dengan pernyataan yang diberikan adalah: 1. Adanya penjual dan pembeli 3. Terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli 5. Barang atau jasa yang diperjualbelikan harus tersedia Jadi, jawaban yang tepat adalah b.135.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sebutkan pembagian laut berdasarkan kedalamannya. 2. Hal-hal apa sajakah yang mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang 3. Hal-hal apa saja yg mempengaruhi suhu air laut? 4. Sebutkan pemanfaatan laut di Indonesia! 5. Apa perbedaan antara angin darat dan angin laut? Sebutkan pemanfaatannya!

19

5.0

Jawaban terverifikasi